Belut Listrik

Kehidupan ikan belut listrik

kehidupanikan.org – Banyak yang tidak menyangka hewan yang bernama belut ternyata ada 2 jenis, yang 1 tidak berbahaya dan 1 lagi sangat berbahaya. Biasanya dipasar yang sering kita jumpai itu hanyalah belut yang tidak berbahaya, sedangkan belut yang berbahaya merupakan golongan karnivora yang memiliki aliran listrik sampai 650 volt. Ikan ini dinamakan Electrophorus electrius atau belut listrik.

Belut listrik sebenarnya adalah jenis ikan todak dan lebih terkait erat dengan ikan lele dibandingkan belut sejati. Ikan yang tidak biasa ini menghuni perairan di Amazon dan lembah Orinoco di Amerika Selatan, tempat mereka berburu mangsa dan mempertahankan diri dengan menghasilkan semburan listrik yang kuat dan mematikan.

Belut listrik menghirup udara dari permukaan untuk bernafas. Berkat organ internal khusus, ia dapat menghasilkan kejutan listrik lebih besar dari 650 volt.

Itu cukup untuk membunuh manusia dewasa. Jenis ini hanya menyerang manusia jika terganggu dan cenderung hidup di air yang keruh dan stagnan.

Ketika sedang mengejar mangsa, seekor belut listrik biasanya melepaskan gelombang kejut yang tegangannya cukup tinggi yang dapat mencapai jangkauan jarak tertentu.

Seluruh mangsa yang berada di dalam jangkauan gelombang tersebut akan bergetar. Kemudian, seekor belut listrik dapat mendeteksi di mana mangsa berada, sebab belut listrik sensitif pada pergerakan dan getaran lain di sekitarnya.

Tegangan listrik yang dihasilkan oleh belut listrik sangat besar, bahkan bisa melumpuhkan hewan seperti kuda, hingga manusia dewasa. Walau begitu, belut listrik ini sebenarnya bisa mengatur tingkat tegangan listrik yang mereka alirkan

Related posts