Cara Menghapus Email yang Terlanjur Terkirim

Cara Menghapus Email yang Terlanjur Terkirim

Cara Menghapus Email yang Terlanjur Terkirim – Kesalahan mengirim pesan memang seringkali terjadi dalam bertukar pesan, kesalahan ini juga sering terjadi ketika anda mengirim pesan melalui email.

Cara menghapus email yang sudah terkirim tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan kita seringkali salah mengirim email.

Salah kirim email merupakan hal yang sering terjadi. Salah satunya adalah salah kirim email. Pastinya, kamu ingin segera menarik pesan tersebut sebelum dibaca oleh penerimanya. Kamu tidak perlu lagi mengganti nama email atau menghapus akun jika salah kirim. Sebab, membatalkan pengiriman email sudah bisa dilakukan.

Kabar baiknya, Gmail memungkinkan kita untuk membatalkan pengiriman email dalam waktu yang singkat. Namun, cara ini hanya berlaku bagi pengguna yang sudah mengaktifkan fitur tersebut.
Jika fitur tersebut sudah aktif, maka akan muncul tombol metlob ‘Undo Send’ setiap kali kamu selesai mengirim e-mail.

Cara Menghapus Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Cara menghapus email yang sudah terkirim dapat dilakukan lewat Gmail. Sebab, Gmail telah menyediakan fitur khusus menghapus email yang terkirim.

1. Buka Setelan Gmail

Buka setelan Gmail dengan klik ikon berbentuk roda gigi. Klik tombol ‘Lihat semua setelan’. Pilih tab ‘Umum’, yaitu tab paling kiri.

2. Klik Bagian ‘Urungkan Pengiriman’

Scroll ke bawah hingga menemukan bagian ‘Urungkan Pengiriman’. Pilih cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 30 detik, mulai dari 5, 10, 20, atau 30 detik. Setelah itu, scroll ke bagian paling bawah dan klik tombol ‘Simpan perubahan’.

3. Batalkan Email yang Terkirim

Jika sudah mengaktifkan periode pembatalan ini, kamu bisa membatalkan email yang baru saja terkirim. Nantinya, akan muncul kotak dialog kecil di bawah. Lalu. klik ‘Urungkan’ saat ingin menarik pesan. Nantinya, pesan yang tidak jadi dikirimkan akan masuk ke dalam ‘Draft’.

Cara Menghapus Email yang Sudah Terkirim di Outlook

Selain Gmail, Outlook juga menyediakan fitur untuk menghapus email yang sudah terkirim jika pengguna ingin menarik pesannya lagi. Berikut adalah cara menghapus email yang sudah terkirim di Outlook 2013 dan lainnya:

  • Buka pengaturan Outlook yang berbentuk roda gigi di sebelah kanan atas.
  • Klik ‘Lihat semua pengaturan Outlook’.
  • Pada menu paling kiri. pilih ‘Email’ dan ‘Tulis dan balas’.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan bagian ‘Batalkan pengiriman’.
  • Tarik slider sesuai waktu pembatalan yang kamu inginkan. Sebaiknya, kamu memilih durasi waktu yang paling maksimal, yaitu 10 detik.
  • Terakhir, klik ‘Simpan’.
  • Setelah mengaktifkan fitur tersebut, nantinya akan muncul tombol pembatalan di bawah jika kamu baru saja mengirimkan email. Klik ‘Batalkan’ jika ingin menghapus email yang sudah terkirim.

Related posts