Fakta Menarik Dari Ikan Whitespotted Wedgefish

Fakta Menarik Dari Ikan Whitespotted Wedgefish

Kehidupanikan.org – Ikan Guitarfish atau wedgefish merupakan ikan yang hidup di zona benthopelagic. Ikan bernama ilmiah Rhynchobatus djiddensis masuk dalam daftar merah IUCN dengan status “rentan (vulnerable;VU)” yang artinya spesies ini sedang menghadapi risiko kepunahan di alam liar pada waktu yang akan datang.

Jika tidak segera dilakukan tindakan, spesies ini akan punah. Ikan ini memiliki karakteristik dan bentuk yang unik. Yuk, simak fakta menarik whitespotted wedgefish!

1. Masuk jenis ikan pari namun mirip hiu

Meskipun rupa wedgefish bintik putih lebih terlihat seperti ikan hiu, ikan ini justru termasuk jenis ikan pari. Posisi mulut dan celah insangnya mirip karakteristik dari ikan pari. Namun dua sirip yang ada di bagian atas membuat ikan ini terlihat seperti hiu.

Seperti ikan pari lainnya, wedgefish bintik putih memiliki insang yang berada di bawah tubuhnya dengan sirip lebar seperti sayap.

Cara ikan wedgefish bintik putih berenang pun lebih mirip hiu. Saat berenang, ikan ini menggunakan ekornya bukan dengan mengepakkan sirip dada seperti kebanyakan ikan pari lainnya.

2. Mendapat julukan ‘badak lautan’

Wedgefish bintik putih sering disebut sebagai “badak lautan” atau “pari badak”. Bentuk moncongnya yang panjang membuat ikan ini terlihat seperti badak. Panjang ikan ini bisa mencapai 300 cm. Wedgefish bintik putih hidup di kedalaman 5 hingga 60 m.

3. Ditemukan di pesisir pantai Asia Tenggara dan Australia

Wedgefish bintik putih ditemukan di pesisir pantai Asia Tenggara dan Australia yang tersebar dari Thailand, Taiwan, Filipina, Indonesia hingga Austtalia. Ikan ini merupakan satu-satunya ikan jenis Rhynchobatus yang tersebar luas di lautan Indo-pasifik bagian barat.

Ikan ini hidup di perairan pantai dan menghuni dasar lunak di dekat batu karang. Di Australia, ikan ini dapat dijumpai di sekitar bagian utara muara sungai Minning, New South Wales hingga kemungkinan di Sydney.

4. Bernapas dengan spirakel saat terkubur di pasir

Saat wedgefish bintik putih terkubur di pasir mereka akan bernapas melalui lubang kecil yang ada di belakang matanya. Lubang pernapasan ini disebut spirakel. Spirakel membantu asupan air selama respirasi dan terutama sangat berfungsi pada saat pari berada di dasar laut.

Baca Juga : Fakta Unik Dari Ikan Buntal

5. Berwarna abu-abu hingga coklat kekuningan

Tubuh wedgefish bintik putih berwarna abu-abu pucat hingga coklat kekuningan. Ikan ini memiliki pola bintik putih yang menyebar di kepala hingga punggung. Selain itu terdapat dua titik hitam yang lebar pada masing-masing sisi dari tubuhnya, tepatnya di sebelah sirip dadanya yang lebar.

6. Harga siripnya yang melangit

Bukan rahasia umum, sirip ikan hiu menjadi komoditas jual beli. Sirip ikan hiu dipercaya memiliki segudang manfaat dalam dunia kesehatan. Ketersediannya yang terbatas dan permintaan yang tinggi membuat harga sirip ikan hiu meroket.

Sirip wedgefish bintik putih menjadi sirip ikan yang dicari oleh beberapa kelompok masyarakat. Dilansir dari halaman independent.co.uk harga satu kilogram sirip wedgefish bintik putih bisa mencapai £1000. Jika satu poundsterling setara dengan 17000 rupiah maka jika dikonversikan harganya lebih dari 17 juta per kilonya

7. Masuk dalam daftar merah IUCN

IUCN adalah sebuah lembaga dunia yang memberikan informasi mengenai kelangkaan suatu spesies. Wedgefish bintik putih masuk dalam daftar merah dengan status vulnerable (VU) atau dalam bahasa Indonesia artinya kategori rentan. Spesies ini sedang menghadapi risiko kepunahan di alam liar pada waktu yang akan datang.

Dikarenakan harganya yang mahal, ada orang yang tidak bertanggung jawab memburu ikan yang rentan punah tersebut. Jika tidak segera dilakukan tindakan bukan tak mungkin jika ikan ini akan punah di kemudian hari.

Related posts