Fakta Menarik Mengenai Ikan Barakuda

Fakta Menarik Mengenai Ikan Barakuda

Kehidupanikan.org – Ikan barakuda merupakan salah satu jenis ikan yang paling diincar oleh para pemancing profesional karena ukuran dan tenaganya yang besar. Ikan ini seolah memberi tantangan penuh untuk para pemancing yang berhasil menaklukannya. Ikan barakuda bisa tumbuh dengan bobot dan panjang ukuran yang sangat fantastis. Buat kamu yang penasaran dengan ikan jagoan ini, berikut ini akan kami bahas mengenai fakta menarik mengenai ikan barakuda yang perlu kalian ketahui :

1. Penampilan fisik ikan barakuda yang ganas
Ada lebih dari 20 spesies ikan barakuda dari berbagai penjuru dunia, namun secara keseluruhan penampilan fisik mereka mirip. Ikan barakuda punya bentuk tubuh memanjang dengan gigi tajam di sepanjang mulut besarnya yang siap memangsa hewan berukuran jumbo. Ukuran ikan ini mulai dari 50 sentimeter hingga 2 meter dengan sisik bewarna silver, hitam, kecokelatan, abu-abu, atau biru.

2. Hewan nokturnal yang punya ‘sekolah’
Barakuda aktif di malam hari untuk mulai berkegiatan seperti berburu mangsa dan bersosialisasi di ‘sekolah’. Barakuda hidup secara berkelompok dan akan saling melindungi satu sama lain bila terjadi ancaman. ‘Sekolah’ bagi barakuda adalah tempat dimana satu sama lain saling belajar untuk bertahan hidup dan berburu.

Jika kamu pernah melihat tornado dalam laut yang terdiri dari ratusan hingga ribuan ikan mungkin itu adalah kawanan barakuda yang tengah mempertahankan keselamatan kelompoknya.

3. Tidak memiliki waktu pasti untuk musim kawin
Hingga kini para ilmuwan masih belum memastikan kapan tepatnya puncak musim kawin barakuda tiba. Beberapa ada yang mengatakan pada bulan April-September atau saat musim semi tiba.

Meskipun begitu proses reproduksi barakuda hampir sama dengan ikan laut kebanyakan, membuahi telur dengan sprema di dalam air hingga akhirnya telur-telur itu mengambang dan menetas dengan sendirinya. Dari 3.000-5.000 telur yang dibuahi setiap proses reproduksi hanya sebagian kecil yang dapat bertahan hidup hingga dewasa.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai Ikan Pari Manta

4. Tidak membahayakan seperti yang kebanyakan orang kira
Karena gigi tajam nan runcing menghiasi penampilan ganasnya, barakuda menjadi mahluk laut yang menyeramkan bagi para penyelam. Manusia khawatir tentang sifat predator barakuda yang bahkan mampu memangsa sesama jenisnya sendiri.

Tetapi pada kenyataannya laporan serangan barakuda terhadap manusia sangatlah jarang. Menurut dive-the-world.com, ikan barakuda malah menjadi model fotografi para penyelam berkat jumlahnya yang sangat banyak terlebih saat membentuk ‘tornado laut’.

5. Habitat kesukaan ikan barakuda
Laut tropis merupakan rumah ternyaman yang paling disukai barakuda untuk hidup dan berkembang biak. Semua perairan yang beriklim tropis sedang kecuali Samudra Pasifik timur dan Laut Mediterania.

Para ikan dewasa biasanya menyukai struktur laut yang banyak terumbu karang karena menjadi lokasi strategis untuk berburu. Namun untuk urusan ‘diburu’ ikan barakuda lemah terhadap benda berkilap dan predator besar seperti tuna raksasa, lumba-lumba dan hiu.

Related posts