Fakta Menarik tentang Ikan Piranha

Fakta Menarik tentang Ikan Piranha

Kehidupanikan.org – Bagi kamu yang pernah menonton film Piranha, pasti udah gak asing lagi dengan ikan piranha yang satu ini. Sosoknya tampak menyeramkan dengan gigi yang runcing dan siap menerkam apalagi jika mereka datang dengan gerombolannya. Pesta pantai yang dinikmati para turis langsung berubah menjadi teror yang menyeramkan. Tapi tahukah kamu kalau piranha tidak seseram yang ditampilkan di film-film? Lalu apakah piranha juga memangsa manusia? Yuk kita lihat beberapa fakta menarik tentang ikan piranha yang satu ini.

1. Citra buruk piranha berawal dari tulisan Theodore Roosevelt
Ketika Theodore Roosevelt melakukan perjalanan ke Amazon Brasil pada tahun 1913, warga setempat ingin menampilkan sebuah pertunjukan untuk Roosevelt. Mereka sengaja melemparkan seekor sapi hidup ke dalam sungai berisi ikan piranha. Sebelum pertunjukan itu, Ikan-ikan ini sengaja ditangkap dan dibiarkan kelaparan, jadi tak heran ketika sapi itu masuk ke air, ikan-ikan ini menjadi beringas dan dengan cepat mencabik-cabik sapi hingga menyisakan tulang belulang.

Roosevelt yang melihat pertunjukan ini langsung menganggap piranha sebagai mesin pembunuh yang sempurna. Cerita tentang piranha ini ditulis Roosevelt di buku Through the Brazilian Wilderness yang laris manis di pasaran. Di sana Roosevelt menulis berbagai hal mengerikan tentang piranha. Hal ini lah yang membuat banyak orang memiliki kesan buruk tentang hewan yang satu ini.

2. Piranha umumnya ditemukan di sungai-sungai Amerika Selatan
Kamu bisa melihatnya dari Lembah Sungai Orinoco Venezuela hingga Sungai Parana di Argentina, ada 30 spesies piranha yang berbeda yang hidup di Amerika Selatan. Namun Amerika Selatan bukan satu-satunya tempat di mana kamu bisa menemukan piranha. Mereka juga ditemukan di sekitar perairan Cina, Inggris dan bahkan Texas. Tapi ikan-ikan ini berasal dari ikan peliharaan yang dilepaskan ke sungai.

3. Gigi piranha cukup kuat tetapi bisa copot
Piranha dikenal karena gigi tajam dan gigitan tanpa henti. Kata piranha secara harfiah diterjemahkan menjadi “ikan gigi” dalam bahasa Tupí Brasil. Bentuk gigi piranha sering dibandingkan dengan pisau dan disesuaikan dengan pola makan mereka. Struktur enamel gigi sebenarnya mirip dengan hiu. Tidak jarang Piranha kehilangan gigi sepanjang hidup mereka.

Dalam studi tahun 2012, para peneliti menemukan Piranha hitam atau mata merah (Serrasalmus rhombeus) ​​menggigit dengan kekuatan maksimum 72 pon atau tiga kali berat badan mereka sendiri.

4. Piranha memakan bangkai manusia, bukan manusia hidup
Apa yang kamu tonton dalam film piranha hanyalah cerita yang dibesar-besarkan, karena sesungguhnya piranha tidak akan memakan kamu jika kamu dalam keadaan sehat dan hidup. Hal berbeda terjadi jika kamu dalam keadaan sekarat atau mati.

Menurut para ahli , dibutuhkan sekitar 300 hingga 500 piranha untuk menanggalkan semua daging dari manusia seberat 180 kilogram hanya dalam waktu 5 menit. Mayat-mayat yang tenggelam di Sungai Amerika selatan membuktikan kalau mereka tenggelam dan mati lebih dulu sebelum menjadi santapan piranha, biasanya karena serangan jantung dan epilepsi, bukan karena serbuan ikan ini.

5. Beberapa piranha merupakan kanibal tapi ada juga yang vegetarian
Makanan piranha umumnya adalah serangga, ikan, krustasea, cacing, bangkai, biji dan bahan tanaman lainnya. Namun jika sumber makanan berkurang, maka Piranha dapat memakan sesama piranha baik yang hidup ataupun yang mati. Meskipun reputasi piranha sebagai pemakan daging, beberapa piranha juga omnivora, makan lebih banyak biji atau tanaman daripada daging, dan beberapa bahkan hidup dari tanaman saja.

6. Piranha berburu dengan menyerang ekor atau mata
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1972 menyebutkan kalau piranha merah buncit menyerang ikan mas atau mangsanya pada bagian ekor atau mata. Menurut para peniliti, tingkah piranha ini adalah strategi serangan yang secara efektif melumpuhkan lawan atau mangsa.

7. Kulit piranha dapat menghasilkan bunyi
Ikan piranha perut merah yang ditangkap nelayan menghasilkan bunyi seperti gesekan kulit kayu. Setelah pemeriksaan lebih lanjut oleh tim ilmuwan Belgia, ditemukan bahwa piranha membuat tiga jenis vokalisasi yang berbeda dalam situasi yang berbeda.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai Ikan Tuna

8. Piranha hidup dan berenang dengan gerombolannya untuk alasan keamanan, bukan untuk kekuatan
Meskipun ini tampak seperti teknik berburu yang menguntungkan, tetapi nyatanya mereka bergerombol untuk menjauh dari musuh yang lebih besar. Ini karena piranha bukan predator puncak dari rantai makanan. Piranha juga lebih mudah bernapas dalam kawanan yang lebih besar. Para peneliti juga mengamati Piranha liar membentuk kawanan yang lebih besar di perairan dangkal di mana mereka mungkin lebih rentan terhadap serangan.

9. Kamu akan diserang jika menganggu piranha atau telur piranha
Mesipun piranha tidak memakan manusia yang masih hidup dan sehat, hal berbeda akan terjadi jika kamu mengusik ketenangan mereka. Jangan berenang di tempat mereka memijah telur-telur mereka atau membuat mereka merasa terancam, karena ini akan membuat piranha menjadi lebih agresif. Piranha hitam dan piranha merah adalah jenis yang harus kamu hindari karena mereka dianggap sebagai piranha yang paling berbahaya dan agresif terhadap manusia.

10. Piranha tertarik pada suara, percikan, dan darah
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 menghubungkan serangan piranha pada manusia dengan alasan kebisingan, tumpahan makanan dan darah. Piranha secara alami menangkap suara buah atau kacang-kacangan yang jatuh ke sungai. Itu kenapa mereka juga merespon suara cipratan air yang dilakukan manusia. Namun dengan darah, ini tak seperti yang kamu lihat di film-film. Piranha hanya mampu mencium setetes darah dalam 200 liter air.

Related posts