Hiu dengan Spesies Terbanyak di Dunia

Hiu dengan Spesies Terbanyak di Dunia

Hiu dengan Spesies Terbanyak di Dunia – Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang ikan dengan spesies terbanyak di dunia yang sudah dirangkum dari sumber terpercaya.

1. Hiu paus

Dan inilah dia spesies hiu terbesar sekaligus spesies ikan terbesar yang hidup di dunia saat ini. Hiu yang memiliki ciri khas berupa corak totol di tubuhnya ini bisa tumbuh hingga panjang lebih dari 12 meter dan berat 21,5 ton! Namun mereka tidak berbahaya karena pemakan plankton, bahkan termasuk ramah karena sering membiarkan penyelam berenang di dekatnya.

2. Hiu raksasa

Di posisi kedua ada hiu raksasa (Cetorhinus maximus), yang panjangnya bisa mencapai hampir 8 meter dan berat 19 ton. Tapi mereka bukan ikan predator, dan hanya makan plankton serta hewan-hewan kecil layaknya banyak jenis paus. Mereka menangkap makanannya itu dengan cara membuka lebar-lebar mulutnya sambil berenang.

3. Hiu putih besar

Kerap disebut-sebut sebagai hiu paling menakutkan di dunia. Tapi yang jelas, mereka adalah spesies ikan predator yang terbesar di dunia. Panjang mereka bisa mencapai 6 meter dan bobot 3,3 ton. Meski sering dianggap sebagai pemangsa manusia, sebenarnya keberadaan hiu putih besar lebih terancam akibat manusia daripada sebaliknya, lho.

Baca Juga:Jenis Ikan Paling Mematikan di Dunia

4. Hiu macan

Inilah salah satu spesies hiu terbesar sekaligus terganas. Hiu macan (Galeocerdo cuvier) bisa mencapai panjang 4,8 meter dan berat 3 ton. Tapi yang menakutkan dari mereka tentu bukan hanya ukurannya. Mereka tercatat sebagai hiu dengan total serangan terhadap manusia terbanyak kedua setelah hiu putih besar.

5. Pari manta raksasa

Spesies pari terbesar di dunia sekaligus spesies ikan terbesar kelima di dunia. Laman Oceana mencatat lebar pari manta raksasa (Manta birostris) bisa mencapai 8,8 meter dan beratnya sekitar 3 ton. Karena ukurannya yang besar, ikan ini juga tercatat punya otak terbesar di antara semua jenis ikan yang sudah ditemukan.

6. Mola mola

Dan inilah spesies ikan mola terbesar di dunia. National Geographic menyebut mereka sebagai ikan bertulang sejati terbesar di dunia, dengan panjang 3,3 meter dan berat 2,5 ton. Tapi meski sangat besar, mereka gak berbahaya bagi manusia. Makanan mereka adalah ubur-ubur, ikan kecil, plankton, dan ganggang.

Related posts