Ikan Discus Beserta Cara Merawatnya

Ikan Discus Beserta Cara Merawatnya

kehidupanikan.org Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Ikan Discus Beserta Cara merawatnya. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Ikan Discus Beserta Cara Merawatnya

Ikan Discus
Ikan discus ini termasuk dalam jenis ikan air tawar hias yang mempunyai harga yang sangat mahal. Hal tersebut juga bisa kita lihat dari kualitas warna dan corak yang ada di ikan discuss ini jadi kamu akan merasa puas jika sudah memelihara ikan ini. Bentuk tubuh ikan ini juga tak kalah cantik apalagi jika ikan ini sudah berenang di dalam aquarium.Ikan ini juga mempunyai nama ilmiah yaitu Symphysodon Discus, ikan ini termasuk dalam species ikan cichlid yang mempunyai habitat asli di sungai yang berarus tenang. Sungai amazon merupakan tempat habitat ikan ini dan ikan ini akan sering berada di ranting, daun, ataupun akar pohon yang sering digunakan ikan ini untuk berlindung dari predatornya.

Ikan ini akan menjadi sangat mahal jika corak yang dimiliki ikan ini sangat rumit dan dipadukan dengan warna yang cerah ikan ini akan menjadi sangat mahal. Harga ikan discus untuk paling murah adalah kisaran Rp. 5000 sampai Rp. 20.000 untuk 1 ekor ikan discus anakan. Lalu untuk ukan discus dewasa mampu mencapai Rp. 200.000 sampai Rp. 5.000.000.Kali ini hewan air info akan membahas jenis jenis ikan discus secara lengkap beserta harga discus jadi kamu bisa memilih mana yang akan dijadikan peliharaan di aquarium kamu.

Jenis Ikan Discus
1. Ikan Discus Blue Diamond
Ikan discus pertama adalah ikan discus blue diamond atau ikan discus angel blue diamond. Ikan jenis ini mempunyai ciri khas yaitu warna biru yang ada di seluruh bagian tubuhnya. Pada bagian siripnya warna biru di ikan ini terlihat agak putih dan dibagian tubuhnya berwarna biru tua.Keunikan lain dari ikan discus biru ini adalah jika terkena cahaya maka di bagian sirip ikan ini akan menyala dan dengan adanya keunikan ini ikan jenis ini akan lebih berkualitas dan juga lebih mahal harganya. Pada mata ikan jenis ini juga mempunyai warna merah yang terang.Harga ikan discus blue diamond ini sangatlah bervariasi untuk yang paling murah dengan ukuran 5 cm harganya berkisar Rp. 50.000 dan untuk yang berukuran 25 cm harganya mencapai Rp. 140.000.

2. Ikan Discus Red Melon
Jenis selanjutnya adalah ikan discus red malon ikan jenis ini mempunyai warna merah yang pekat pada sekujur tubuhnya. Banyak yang mengatakan ikan jenis red melon ini merupakan ikan discus marlboro sebenarnya jika kita lihat lagi ikan jenis red melon ini mempunyai warna yang pekat dan berbeda dengan jenis marlboro.Harga ikan discus red melon ini sangat mahal untuk yang termurah harganya berkisar Rp. 60.000 dan yang sudah besar atau berukuran 25 cm harganya mencapai Rp. 180.000.

3. Ikan Discus Marlboro
Ikan discus marlboro ini sebenarnya mempunyai warna yang sama dengan ikan discus red melon namun ikan ini mempunyai warna yang lebih cerah, di bagian kepala ikan marlboro ini mempunyai warna putih kekuningan, dan ikan ini mempunyai warna mata merah.Harga ikan discus marlboro ini juga sama dengan ikan discus red melon yaitu untuk yang berukuran 5 cm harganya Rp. 60.000 per ekornya dan untuk yang berukuran 25 cm mempunyai harga berkisar Rp. 180.000 per ekornya.

4. Ikan Discus Pearl Pigeon
Ikan jenis ini mempunyai corak warna yang teratur dan sangat cantik. Corak yang ada di ikan discus jenis ini yaitu pola berbintik berwarna putih dan mempunyai warna merah. Mungkin jika dilihat kembali ikan jenis ini miri dengan ikan red ribbon, tetapi ikan ini mempunyai ukuran yang lebih kecil.Walaupun ukurannya kecil harga ikan discus pearl pigeon ini mempunyai harga yang mahal loh yaitu Rp. 75.000 untuk yang berukuran kecil dan yang berukuran besar ikan ini dibanderol sekitar Rp. 200.000.

5. Ikan Discus Checkerboard Pigeon
Ikan discus jenis ini mempunyai warna corak yang sangat bagus dan jika kamu melihatnya kamu bisa langsung kagum dengan coraknya, corak pada ikan ini yaitu berwarna dasar putih dengan adanya garis-garis merah di sekujur tubuhnya.Pada bagian kepalanya ikan ini mempunyai warna kuning, hal ini membuat ikan ini menjadi sangat cantik karena mempunyai kombinasi warna yang sangat banyak, di bagian mata ikan ini mempunyai warna yang selaras dengan garis-garis di tubuhnya. Harga ikan checkerboard pigeon ini berkisar Rp. 50.000 untuk yang kecil dan Rp. 150.000 untuk yang dewasa.

6. Ikan Discus Red Ribbon
Inilah jenis ikan discus termahal yaitu ikan discus ribbon, ikan ini mempunyai garis-garis berwarna merah dan mempunyai warna putih kekuningan sebagai warna dasarnya. Corak pola ikan ini juga termasuk unik karena mempunyai corak pola bulat yang abstrak atau tidak beraturan.Pada bagian sirip ikan ini mempunyai warna bening kemerahan, harga ikan discus red ribbon ini berkisar Rp. 80.000 untuk yang berukuran kecil atau masih anakan dan Rp. 250.000 untuk ikan yang sudah dewasa atau berukuran besar.

7. Ikan Discus Green
Seperti namanya ikan discus jenis ini mempunyai warna hijau yang agak biru dan mempunyai corak garis yang warnanya coklat kemerahan. Ikan discus jenis ini termasuk dalam ikan discus termurah karena ikan ini kurang diminati oleh banyak orang.Harga ikan discus green ini hanya Rp. 40.000 untuk anakan dan Rp. 120.000 untuk yang berukuran dewasa.

8. Ikan Discus Golden Yellow Diamond
Ikan discus golden yellow diamond ini mempunyai warna dominan yaitu kuning keemasan yang ada di sekujur tubuhnya. Harga ikan discus jenis ini lumayan mahal loh karena untuk ukuran dewasa ikan ini mencapai Rp. 285.000.

Baca Juga : Ikan Guppy Si Lucu Dan Manis

9. Ikan Discus Snake Skin
Seperti namanya ikan discus snake skin ini mempunyai corak seperti kulit ular yaitu garis vertikal dengan corak tipis dan corak itu berwarna merah ataupun biru. Ikan ini juga biasa digunakan untuk kawin silang karena bentuknya yang sangat menarik.Ikan discus snake skin ini juga sudah menghasilkan banyak jenis baru yaitu leopard snakeskin, red spotted golden leopard snake skin, blue diamond snake skin, dan pigeon snake skin. Harga ikan discus jenis ini sangatlah mahal dan mungkin masuk kedalam ikan discus termahal karena harganya bisa mencapai jutaan.

Cara Merawat Ikan Discus
Cara memelihara ikan discus yang baik adalah kamu harus merawat ikan discus ini secara rajin. Pertama yang harus di perhatikan adalah suhu air untuk ikan discus ini yaitu berkisar 28 derajat celsius sampai 31 derajat celsius, jangan berikan suhu air yang tinggi karena bisa mengakibatkan oksigen dalam aquarium menjadi sedikit.Untuk perawatan ikan discus selanjutnya adalah atur PH yang ada di air sekitar 6,5 karena jika PH mencapai lebih dari 7 atau dibawah 6 akan membuat ikan discus ini menjadi stres dan bisa mengakibatkan ikan tersebut mati.Jangan lupa untuk rutin menguras air apalagi jika sudah keruh karena ikan ini sangatlah peka dengan adanya amonia karena jika kadar amonia di aquarium kamu banyak maka ikan ini akan menjadi sulit bernafas jadi jika kamu liat air di aquarium keruh segeralah menggantinya.

Berikan aksesoris seperti kayu apung karena akan membuat ikan discus ini menjadi betah karena mereka akan merasa berada di habitat aslinya. Ikan discus ini tergolong karnivora jadi makanan ikan discus bisa kamu berikan jantung sapi namun jika kamu jarang melakukan pembersihan rutin jantung sapi tersebut akan mudah mencemari aquarium ikan discus kamu.Untuk kamu yang ingin membudidaya ikan discus ini kamu harus memberikan makanan yang bernutrisi tinggi dengan memberikan makanan olahan ataupun jenis makanan beku untuk mendapatkan warna terbaik dari ikan discus kamu. Ikan ini lebih suka makanan yang jatuh kedalam air daripada yang mengapung diatas aquarium. Waspada dengan adanya lalat atau blackworms karena hal tersebut bisa menyebabkan ikan discus kamu sakit.

Related posts