Ikan Fangtooth

Ikan Fangtooth

Kehidupanikan.org – Nama ini berasal dari bahasa Yunani anoplo yang berarti “tidak bersenjata” dan gaster yang berarti “perut”. Dengan distribusi sirklobal di perairan beriklim tropis dan dingin, keluarga tersebut hanya mengandung dua spesies yang sangat mirip dalam satu genus, tanpa kerabat dekat yang diketahui dan yang hidup di laut dalam.

Sementara nama gigi mereka yang besar, mirip taring yang tidak proporsional, dan wajah yang tidak dapat didekati, fangtooth sebenarnya sangat kecil dan tidak berbahaya bagi manusia semakin besar dari dua spesies, fangtooth umum, mencapai panjang maksimum hanya 16 cm (6,3 in) fangtooth shorthorn kurang dari setengah ukuran ini meskipun saat ini hanya diketahui dari spesimen remaja.

Kepala kecil dengan rahang besar dan tampak kuyu, penuh dengan rongga lendir yang digambarkan oleh tepi bergerigi dan ditutupi oleh kulit tipis. Mata relatif kecil, terletak tinggi di kepala seluruh kepala berwarna coklat tua sampai hitam dan sangat kuat dikompresi secara lateral, jauh di bagian dalam dan semakin ramping ke arah ekor. Sirip kecil, sederhana, dan tidak berotot sisik tertanam di kulit dan mengambil bentuk lempeng tipis. Sebagai kompensasi untuk mata yang berkurang, garis lateral berkembang dengan baik dan muncul sebagai alur terbuka di sepanjang sisi tubuh.

Baca juga : Aligator Gar

Pada orang dewasa, dua taring terbesar dari rahang bawah begitu panjang, taring telah mengembangkan sepasang soket yang berlawanan di kedua sisi otak untuk mengakomodasi gigi ketika mulut ditutup. Menurut Blue Planet BBC, episode “The Deep”, fangtooth memiliki gigi terbesar dari ikan apa pun di lautan, sebanding dengan ukuran tubuh, dan begitu besar, mereka tidak pernah bisa menutup mulut mereka. Remaja secara morfologis sangat berbeda – tidak seperti orang dewasa, mereka memiliki duri panjang di kepala dan pra operkulum , mata yang lebih besar, kandung kemih fungsional, panjang dan ramping penyapu insang, gigi yang jauh lebih kecil dan tertekan, dan berwarna abu-abu muda. Perbedaan-perbedaan ini pernah menyebabkan dua tahap kehidupan digolongkan sebagai spesies yang berbeda, dengan satu di genus lain Caulolepis .

Fangtooth pelagis adalah di antara ikan yang hidup paling dalam, ditemukan sejauh 5.000 m (16.000 kaki) di bawah. Mereka lebih sering ditemukan antara 200 dan 2.000 m (660 dan 6.560 kaki), namun, dan remaja tampaknya tetap berada dalam jangkauan atas kisaran ini. Mereka mungkin menjalani migrasi makanan seperti yang biasa terjadi pada banyak ikan laut dalam pada siang hari ikan-ikan ini tetap berada di kedalaman suram dan menjelang malam mereka naik ke lapisan atas kolom air untuk memberi makan dengan cahaya bintang, kembali ke air dalam saat fajar. Fangtooths dapat membentuk sekolah kecil atau pergi sendiri. Mereka dianggap menggunakan kemoreception kontak untuk menemukan mangsa, mengandalkan keberuntungan untuk menabrak sesuatu yang dapat dimakan.

Related posts