Ikan Laut Dalam Kepiting Laba-laba

Ikan Laut Dalam Kepiting Laba-laba

kehidupanikan.org – Ikan Laut Dalam Kepiting Laba-laba, Kepiting Laba-laba adalah spesies kepiting yang hidup di kedalaman laut Jepang (takaashigani berarti “kepiting berkaki panjang”).

Ciri utama dari spesies ini
adalah memiliki kaki yang tergolong paling panjang di antara seluruh arthropoda, panjangnya dapat mencapai 3,8 meter. Tubuhnya dapat berkembang hingga 40 sentimeter dan beratnya dapat mencapai hingga 19 kilogram.

Baca juga : Ikan Laut Dalam Frilled Shark

Selain memiliki perawakan yang besar, kepiting laba-laba ini berbeda dengan spesies kepiting lainnya. Kepiting ini berwarna jingga dengan bintik putih di sekujur kakinya. Walaupun terlihat mengerikan, kepiting laba-laba ini dikenal ramah.

Siklus Hidup
Kepiting betina membawa telur yang telah dibuahi di bagian abdominal ujung sampai saatnya menetas menjadi larva berukuran planktonis Perkembangan larva seukuran plankton ini tergantung kepada temperatur dan berlangsung selama 54 hingga 72 hari pada suhu 1-15 derajat Celcius. Selama periode larva, kepiting muda ini sangat berbeda dengan bentuk dewasanya. Larva ini berbentuk bulat kecil, tanpa kaki dan melayang seperti plankton di permukaan laut

Penyebaran
Kepiting laba-laba Jepang ini biasanya ditemukan di laut selatan kepulauan Honshu, Jepang. Kepiting dewasa ditemukan di kedalaman 50-600 meter, biasanya bersembunyi di lubang dan saluran bagian laut dalam.

Golongan
omnivora, memakan baik tumbuhan maupun hewan, bahkan kadang memakan bangkai hewan lain. Beberapa jenis mencari makanan di dasar laut untuk menemukan alga dan tanaman lain, sementara yang lain memaksa masuk ke dalam cangkang hewan moluska

Related posts