Ikan Lele Tumbuh Besar Dengan Makanan Ini

Ikan Lele Tumbuh Besar Dengan Makanan Ini

Kehidupanikan.org – Sehubungan dengan tujuan pemberian pakan, peternak harus sangat akrab dengan jenis makanan yang diberikan kepada ikan lele sesuai umur dan ukuran fisik ikan lele. Dengan pernyataan lain, makanan yang masuk ke dalam tubuh ikan lele sangat bergizi karena nutrisi atau nutrisi yang tinggi sangat lengkap dan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan lele.

Jenis makanan yang dapat diumpankan ke ikan lele yang dibiakkan secara intensif ada tiga jenis, yaitu makanan pokok, makanan pengganti, suplemen dan vitamin.

Makanan Ikan Lele

Jenis pakan pokok untuk lele Jenis pakan pokok untuk lele pada umumnya berupa pelet ikan. Pakan ini merupakan buatan pabrik dan terjamin kualitasnya. Karena kandungan gizinya bisa di bilang lengkap, yakni kandungan protein 25%-27%, lemak 10-25%, karbohidrat 10-20%, vitamin dan mineral 1%.

Di pasaran bebas saat ini telah banyak beredar jenis pelet untuk makanan lele dengan berbagai merek atau tipe, seperti pelet tipe FF999, 781-SP, 781-2, DAN 781. Sejauh ini berdasarkan pengalama peternak lele, pakan pokok lele berupa pelet paling digemari lele yang dibudidayakan dalam kolam.

Kelebihan Pakan Pelet Lele

Ditinjau dari segi penampilan secara fisik pakan lele yang berupa pelet dinilai oleh banyak kalangan peternak ikan merupakan jenis pakan lele yang paling ideal dibadingkan dengan jenis pakan lele yang lain. Sebab pelet tidak mudah hancur dalam air sehingga ketika pakan ditaburkan ke dalam air tidak mudah larut ke dalam air.

Pelet ditijau dari segi kualitas saat ini masih dapat diandalkan. Hanya saat peternak perlu memperhatikan dalam mengenai pelet hasil lahan pabrik tersebut. Tip mengguakan pelet untuk pakan lele yakni pellet harus masih baru. Ikan ingin menyentk paka pellet, maka jumlah maksimal hanya untuk kebutuhan semiggu.

Pelet yang terlalu lama digudang bisa ditumbuhi cedawa dan berbau tengik. Pellet yag berbau tengik sebaiknya tidak diberikan kepada lele sebab telah megandug racun aflatksi yang dapat meyebabkan pencerana ika tergaggu.

Baca juga : Makanan Ikan Lele Yang Di Buat sendiri

Budidaya lele dapat sukses ikan tercapai terdapat keseimbangan antara jumlah pakan yang diberikan dengan jumlah lele yang dipelihara. Sebab jika hal itu tidak terpeuhi bisa jadi antar sesame lele terjadi kanibalisme, yaitu lele yang lebih besar dan kuat memangsa lele yang lebih kecil dan lemah.

Hal itu dapat terjadi ikan jumlah lele lebih banyak daripada jumlah pakan yang diberikan. Tetapi ke dalam yang sering dijumpai dilapangan untuk urusan pakan adalah mahalnya harga pakan. Sebagai solusinya peternak dapat membuat pakan sediri sebagai alterative.

Membuat paka sendiri ada utung dan ada ruginya. Keuntugannya peterak dapat lebih irit ditinjau dari segi penggunaan daa. Kerugianya peternak justru tidak untung saat pake karena bibit lele tidak sesuai dengan yang diharapkan yakni berkurang. Hal itu dapat saat terjadi ikan komposisi pakan yang dibuatnya sendiri tidak memenuhi standar gizi untuk pertumbuhan lele.

Oleh karena itu yang paling penting dalam membuat pakan sendiri untuk lele harus tahu kompsisi kimia dan ukura lele. Kompsisi pakan yang diberikan kepada lele pada pembesaran harus megandung lebih banyak protein. Paling tidak kompsisi gizi pakan buatan sendiri harus ada keseimbangan antara usur – usur yang diperlukan untuk pertumbuhan lele, misalnya protein dan karbhidrat dibuat seimbang kadarnya.

Bahan untuk membuat pakan alterative untuk diberikan kepada lele dapat dicari atau diperoleh di alam. Eis atau macam sumber bahan pakan yakni berupa tepung ikan, bekicot, keong mas, limbah pengolahan ikan, limbah peternakan, ikan rucah, da bahan – bahan lain – lain dari bahan daging.

Sumber karbohidrat didapat dari dedak, ampas tahu, bungkil kelapa, dan bahan – bahan lain yang banyak mengandung tepung atau pati.

Related posts