Ikan Pedang Si Lucu Dan Cara Budidayanya

Ikan Pedang Si Lucu Dan Cara Budidayanya

kehidupanikan.org Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Ikan Pedang Si Lucu Dan Cara Budidayanya. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Ikan Pedang Si Lucu Dan Cara Budidayanya

Ikan Pedang
Ikan pedang ini mempunyai nama lain yaitu Xiphophorus Helleri atau Sword Tail. Ikan ini asalnya dari keluarka Poeclilidae. Nama ilmiahnya diambil dari nama yunani yaitu Xiphos yang berarti pedang dan Phoros yang artinya dibawa. Lalu nama Helleri dimasukan karena nama tersebut adalah nama dari filsuf alam Jerman yang dinyatakan orang pertama yang menangkap ikan ini di danau meksiko dan filsuf tersebut bernama Karl Bartholoma us Heller.Ikan ini mempunyai ukuran yang lumayan besar. Ikan pedang yang mempunyai kelamin jantan mempunyai ukuran 11 cm dan ikan yang betina mempunyai ukuran 12 cm. Itu juga belum termasuk panjang dari ekornya. Ikan ini bisa hidup sampai dengan 3 sampai 5 tahun. Ikan ini sebenarnya mempunyai pola warna yang lumayan banyak. Namun ikan ini lebih sering terlihat dengan warna merah dengan ekor yang hitam.

Ikan ini juga termasuk dalam ikan yang bisa bergaul dengan ikan lain namun ada beberapa jenis ikan yang membuat ikan pedang ini agresif. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ikan ini menjadi agresif seperi tanaman air sedikit dan tangko yang kecil.Jika kamu menaruh 4 ikan pedang dengan ukuran berbeda maka ikan yang paling kecil bisa saja akan mati karena stress. Lebih baik kamu jika ingin memelihara banyak ikan pedang kamu memberikan aquarium yang besar juga dan jika kamu ingin menaruh jenis ikan lain saya sarankan kamu membeli ikan manfish, ikan tetra, dan kuhli loach.

Jenis Ikan Pedang
1. Ikan Pedang Red Velvet
Ikan jenis ini memang yang paling sering ada di pasar ikan karena ikan ini tidak begitu langka. Ikan yang mempunyai warna merah terang dan pada ujung ekornya mempunyai warna hitam ini membuat ikan ini terlihat sangat eksotis dan bagus untuk di pelihara.

Harga ikan Red Velvet Swordtail Fish ini berkisar Rp. 2500 sampai dengan Rp. 5900.

2. Ikan Pedang Neon
Ikan selanjutnya mempunyai corak sedikit perak dibagian bawah kepalanya. Seperti ikan neon lainnya ikan ini juga seperti tembus dan terlihat bagian dalam tubuhnya. Pada ekor ikan jenis ini sama-sama mempunyai warna hitam dibagian ekor yang panjang.

Harga ikan Neon Swordtail Fish ini juga tidak terlalu mahal hanya berkisar Rp. 3000 sampai Rp. 5000

3. Ikan Pedang Hijau
Jenis selanjutnya adalah ikan pedang yang berwarna hijau namun ikan ini mempunyai garis panjang yang berada di tengah tubuhnya, garis itu juga memanjang sampai ke ekor belakang yang panjang. Ikan ini sangatlah bagus untuk kamu pelihara karena warnanya yang sangat eksotis.Ikan ini mempunyai harga berkisar Rp. 2000 sampai Rp. 5000.

4. Ikan Pedang Kohaku
Ikan selanjutnya mempunyai corak warna yang sangat menarik karena ikan pedang jenis ini mempunyai warna dominan putih dan pada bagian atas kepalanya mempunyai warna merah. Pada bagian ekor panjangnya mempunyai warna putih juga.Harga ikan ini hanya Rp. 2500.

5. Ikan Pedang Platy
Ikan ini mempunyai warna dominan merah dan bagus sekali untuk dipelihara di aquarium maupun aquascape kamu. ikan ini mempunyai bentuk sirip yang panjang dan juga lancip seperti pedang. Harga ikan pedang Platy ini hanya Rp. 3000.

6. Ikan Pedang Kuning
Jenis ikan pedang ini mempunyai warna yang mencolok yaitu warna kuning. Lalu dengan perpaduan warna hitam pada ekornya membuat ikan ini sangatlah digemari banyak penggemar ikan hias.

Baca Juga : Manfish Si Segitiga Beserta Cara Budidayanya

7. Ikan Pedang Albino
Ikan ini mempunyai warna putih pada seluruh badannya dan ikan ini juga termasuk mahal karena ikan ini jarang sekali ditemukan di penjual ikan hias.

8. Ikan Pedang Albino Blood Red
Ikan jenis ini walaupun namanya albino namun ikan ini mempunyai warna merah yang sangat cantik pada sirip atas ikan ini mempunyai sirip yang lebar seperti slayer namun pada ekor bawahnya ikan ini panjang seperti ikan pedang.Ikan ini sangatlah jarang ditemukan oleh karena itu harga ikan ini bisa mencapai jutaan atau lebih tepatnya Rp. 1.500.000

9. Ikan Pedang Panda
Ikan jenis ini diberi nama panda karena mempunyai warna hitam putih seperti panda. Jenis ini juga sangat sering dicari oleh para penggemar ikan hias. Harga ikan ini berkisar Rp. 4500 sampai Rp. 5000.

10. Ikan Pedang Sanke
Ikan ini mempunyai corak warna perpaduan antara hitam, oranye, merah dan juga putih. Ikan ini bisa dibilang mirip dengan ikan koi. Ikan ini juga cocok dengan aquarium maupun aquascape. Harga ikan ini juga sangat murah hanya Rp. 1500.

11. Ikan Pedang Nanas
Seperti layaknya buah nanas ikan ini mempunyai warna seperti buah nanas itulah jenis ini dinamaka pineapple. Ikan jenis ini mempunyai ukuran yang kecil dan bagus untuk aquascape.

12. Ikan Pedang Kohaku Wagtail
Ikan ini sama dengan jenis kohaku swordtail namun ikan ini mempunyai perbedaan dibagian ekornya yang panjang dan mempunyai warna hitam pekar yang sangat cantik.

13. Ikan Pedang Hamburg
ikan ini termasuk jenis ikan pedang yang langka karena warna ikan ini menyala seperti lampu apalagi jika dipadukan dengan lampu yang ada di aquarium maka ikan ini akan menyala lebih menawan lagi.Pada bagian sirip atasnya ikan ini mempunyai bentuk lebar seperti slayer. Harga ikan hamburg swordtail fish ini lumayan mahal yaitu Rp. 25.000.

14. Ikan Pedang King Lyretail
Jenis Ikan terakir ini mempunyai harga yang sangat mahal berkisar Rp.100.000 sampai Rp. 600.000 untuk 1 ekornya. Ikan ini sebenarnya mempunyai corak hampir sama dengan Hamburg Swordtail Fish namun ikan ini mempunyai kulit yang lebih bersinar dan sangat cantik. Apalagi dengan ekornya yang panjang di bagian atas dan bawahnya membuat ikan ini makin cantik.

Cara Budidaya Ikan Pedang
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih indukan ikan pedang yang bagus karena indukan yang bagus akan menghasilkan bibit yang bagus pula saat nanti menetas. Untuk membedakan indukan jantan dan betina lumayan mudah, Untuk ikan jantannya mempunyai sirip punggung yang lebih panjang dari betina dan ikan pedang jantan mempunyai kepala yang besar namun pada ikan betina mempunyai kepala yang lebih runcing.Memijah ikan pedang adalah hal terpenting dalam proses budidaya ikan ini. Untuk melakukan proses ini kamu harus menyiapkan kolam atau bak yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah ikan yang ingin kamu budidaya. Lalu kolam ikan tersebut diberikan air hingga ketinggian 40 cm sampai 50 cm. Berikan jaring yang ukurannya seperti anakan ikan agar induk dari ikan tersebut tidak ikut masuk kedalamnya.Sebelum dilakukan pemijahan sebaiknya dibersihkan dahulu dan berikan daun ketapang yang sudah dibersihkan kedalam kolam dan tunggu selama 2 sampai 3 hari sampai air berubah menjadi coklat. Lalu kamu baru bisa memasukan indukan di jaring yang sudah terendam.berikan makan kepada indukan ikan tersebut 2 kali sehari. Setelah proses pembuahan perut indukan akan membesar. Nah pada saat itu kamu bisa memisahkan jantan dan betina agar disaat melahirkan indukan jantan tidak memakan anakan yang dilahirkan. Untuk proses memilih anakan kamu harus menunggu 4 minggu sampai 6 minggu.Untuk perawatan larva dilakukan saat berumur 2 hari dan larva tersebut sudah bisa berenang. Larva tersebut bisa diberi makan infusoria sampai 3 hari. Lalu larva bisa diberikan pakan kutu air. Indukan yang sudah bertelur akan bisa melahirkan kembali setelah 28 hari dengan anakan yang mencapai 50 anakan. Indukan tersebut juga tidak perlu indukan jantan karena sperma jantan masih ada di dalam saluran sel telur indukan betina.Proses pembesaran ikan pedang ini dapat dilakukan pada kolam ataupun akuarium. Kamu bisa memberikan pakan seperti cacing sutra, kutu air, dan cacing darah. Ikan bisa dipanen saat ukuran mereka mencapai 2,5 cm atau sudah berumur 3 bulan.

Related posts