Ikan Sarcastic Fringehead

Ikan Sarcastic Fringehead

Kehidupanikan.org – Pernahkah kalian membayangkan bagaimana rupa seekor ikan yang sangat buruk rupa? Bila sulit membayangkan hal tersebut, maka lihatlah bagaimana penampakan ikan bernama sarcastic fringehead (Neoclinus blanchardi) ini.

Karena dianggap sangat jelek, berbagai literatur ilmiah menjuluki ikan ini sebagai ikan paling buruk rupa. Dalam keadaan biasa, ikan ini memiliki warna cokelat dengan mata yang terbelalak. Namun bila ia sedang marah, di situlah perubahannya terjadi, ikan ini akan menjelma menjadi ikan yang sangat menyeramkan.

Saat ikan sarcastic fringehead merasa terancam karena didekati oleh pejantan lain yang dianggap lawan, ia akan membuka mulutnya lebar-lebar seperti ada sayap di sekitar mulutnya yang berwarna-warni. Saat itu pula terlihat gigi-giginya yang kecil dan tajam.

Ahli biologi kelautan, Watcharapong Hongjmarassilp, mengatakan dalam tesis penelitiannya jika warna-warni pada mulut ikan sarcastic fringehead ini berfungsi untuk komunikasi.

Bila membuka mulut saja tidak cukup untuk menakut-nakuti lawannya, maka mereka akan bertarung dengan cara mengadu mulut hingga akhirnya ikan pemilik mulut yang paling besar akan keluar sebagai juaranya.

Baca juga : Hiu Goblin

Selain buruk rupa, ikan sarcastic fringehead juga merupakan ikan yang galak dan agresif. Mereka akan menyerang apapun yang dianggap mengancam ataupun yang dianggap bisa dijadikan mangsa. Ikan ini tercatat akan menyerang penyelam yang berada di dekat mereka.

Untuk masa hidupnya, Aquarium of Pacific memperkirakan jika ikan sarcastic fringehead bisa hidup sampai enam tahun lamanya.

Meski terlihat menyeramkan dan agresif, ikan ini sebenarnya tidak memiliki ukuran yang besar. Menurut Science Alert, panjang tubuhnya hanya akan mencapai sekitar 30 sentimeter. Meski bertubuh kecil dan rawan dijadikan mangsa oleh ikan lain yang bertubuh besar, perilaku agresif ikan ini membuatnya dapat bertahan hidup.

Sarcastic fringehead hidup di perairan Samudra Pasifik, di lepas pantai Amerika Utara, dari San Francisco hingga Baja California di Meksiko. Mereka adalah predator penyergap, mereka suka melakukan pengintaian dari lubang persembunyiannya.

Related posts