Inilah Universitas Terbaik di Korea

Inilah Universitas Terbaik di Korea

Inilah Universitas Terbaik di Korea – Saat ini sudah semakin banyak orang yang ingin dapat masuk kedalam universitas ternama dengan fasilitas yang lengkap. Peningkatan drastis dalam pendaftaran asing naik sehingga menjadikan pemerintah Korea mengumumkan perencanaan untuk meningkatkan pendaftaran siswa asing dari Asia, Amerika, dan Eropa menjadi 200.000 pada tahun 2032 untuk belajar di Korea Selatan. Sekarang hampir sepertiga program universitas di Korea Selatan sudah diajarkan dalam bahasa Inggris, dan banyak pula universitas menawarkan program internasional yang berkualitas.

Pemerintah Korea Selatan juga mengharapkan agar lebih banyak lagi generasi muda untuk belajar di sana dengan menawarkan berbagai insentif keuangan (seperti beasiswa) kepada institusi dan individu, memudahkan pengurusan visa pelajar, dan memberikan dukungan pekerjaan bagi mereka yang sudah belajar di Korea Selatan dan ingin menetap dan bekerja.

1. Seoul National University (SNU)

Siapa yang tidak tahu Seoul National University? Universitas ini sudah dianggap menjadi salah satu kampus paling bergengsi di Korea Selatan dan sering menempati bersanding dengan universitas-universitas top lainnya di Asia. SNU memiliki 16 macam fakultas, 1 fakultas pascasajarna dan 10 fakultas profesional. Tambahan, SNU juga menawarkan dukungan karir, bimbingan konseling bantuan dana, dan dukungan bahasa bagi mahasiswa internasional.

2. Sungkyunkwan University (SKKU)

Universitas Sungkyunkwan adalah universitas tertua di Asia Timur yang sudah didirikan lebih dari 600 tahun yang lalu. Universitas ini memiliki dua kampus yaitu, yang pertama untuk Sastra & Ilmu Sosial yang berlokasi di Seoul dan kedua untuk Ilmu Alam di Suwon. Tak hanya SNU saja, SKKU juga sudah mempunyai sejumlah program kuliah yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk jenjang S1 dan S2, serta beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Bagusnya, universitas ini juga memiliki program pertukaran akademik dan bekerja sama dengan 653 universitas di 73 negara. Tujuannya adalah untuk memperluas program double degree dengan banyak universitas bergengsi lainnya yang ada di seluruh dunia.

3. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST didirikan sejak tahun 1971 dan menjadi universitas sains dan teknologi pertama di Korea Selatan. Universitas ini berpusat di Kota Daejeon, yang memiliki sistem akademik yang inovatif dan diizinkan beroperasi secara mandiri, di luar kurikulum dan aturan pemerintah yang diterapkan di universitas lain. Bedanya, KAIST juga memiliki sistem penerimaan mahasiswa bebas ujian (pertama di Korea Selatan), dan penerimaan ini bukan berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru ataupun pernyataan pribadi.

Lulusan undergraduated bisa mencoba program kuliah sebelum memilih jurusan mereka dan dapat mengganti jurusan mereka kapan saja. Lebih dari 80 persen program kuliah di KAIST juga sudah diajarkan dalam bahasa Inggris. Universitas ini juga menawarkan beasiswa, asuransi kesehatan dan tempat tinggal bagi mahasiswa internasional.

4. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

POSTECH adalah institusi swasta yang relatif baru, akan tetapi sudah mendapatkan pengakuan dari komunitas akademik di seluruh karena berhasil naik peringkat pada tingkat yang mengesankan. Sesuai dengan namanya, universitas ini difokuskan pada sains dan teknik, yang juga menawarkan beberapa fasilitas terbaik dan lebih dari 70 lembaga penelitian. Hebatnya, POSTECH memiliki kampus bilingualnya sendiri untuk mahasiswa yang berasal dari seluruh dunia. POSTECH memiliki tujuan untuk terus membuka jalan baru, baik dalam hal penelitian maupun dalam cara mengajar siswa.

5. Korea University

Korea University ini adalah salah satu univeritas tertua dan terbesar di Korea Selatan yang sudah didirikan pada tahun 1905. Universitas ini dikenal dengan pengembangan program pendidikan internasionalnya dan memiliki banyak kemitraan untuk memfasilitasi pertukaran mahasiswa. Selain mengirim 1.200 mahasiswa ke luar negeri setiap tahun dalam program pertukaran pelajar, Korea University juga menerima 4.500 mahasiswa internastional, yang terdiri dari siswa kunjungan jangka pendek dan 2000 mahasiswa yang fokus untuk mencari gelar. Oleh karena itu, universitas ini juga menawarkan banyak program kuliah dalam bahasa Inggris, beasiswa, tempat tinggal, dan layanan konseling untuk mahasiswa internasional.

Related posts